Awas! Sembarangan Jalani Puasa Sebabkan Diabetes

Sabtu, 11 Juni 2016 - 09:20 WIB
Awas! Sembarangan Jalani...
Awas! Sembarangan Jalani Puasa Sebabkan Diabetes
A A A
JAKARTA - Menjalankan puasa Ramadhan memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya untuk detoks. Namun, jika puasa dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan, yang terjadi malah sebaliknya.

Pakar gizi, Dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK menjelaskan, bahwa pola makan yang salah saat menjalankan puasa bisa menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi karbohidrat saat berbuka puasa, akibatnya insulin pun meningkat.

"Peningkatan gula darah terus menerus bisa menyebabkan pankreas tidak bekerja dengan baik dalam memproduksi insulin. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus, diabetes pun akan muncul tanpa gejala," papar Dr Tirta di Jakarta.

Tak hanya kebiasaan mengonsumsi karbohidrat saat berbuka puasa, minum manis juga memicu diabetes. "Begitu juga dengan minuman manis, yang akan disimpan sebagai cadangan lemak. Jika dibiarkan akan menyebabkan penumpukan lemak di hati," ungkapnya.

Agar terhindar dari diabetes, Dr Tirta pun menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi dan seimbang. Seperti buah dan sayur dengan jumlah separuh dari piring makanan.

"Banyakin makan buah dan sayur. Sisanya baru karbohidrat. Banyak orang Indonesia yang salah kaprah dengan mengonsumsi lebih banyak nasi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)